Templates by BIGtheme NET

Kondisi Terakhir Pabrik Motor Kanzen

kondisi pabrik motor kanzen

Baru saja dapat kiriman photo dari seorang teman. Photo di atas adalah kondisi pabrik motor Kanzen saat ini. Coba perhatikan bro, di sebelah kiri, rumput . . . ehhh lebih tepatnya disebut ilalang, sudah tinggi-tinggi banget. Di depan gedung, bahkan tepat di depan pintu juga telah ditumbuhi ilalang.

Maklumlah, pabrik milik PT Kanzen Motor Indonesia (PT KMI) yang berlokasi di Desa Pancawati, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, ini sudah lama tidak beroperasi. Kanzen dulu sempat diproyeksikan untuk menjadi sepeda motor nasional.

“Kanzen ini bayi saya. Apapun yang terjadi, saya tidak akan meninggalkan bayi saya”, Rini Mariani Soemarno (pendiri sekaligus pemilik PT KMI, mantan Menperindag era Megawati)

45 comments

  1. usaha pabrikan motor gakk boleh main2..karena sainganya jepang dll yang udah ciamik..mestii memberikan value lebih agar tetap eksis..kalo cuma rata rata..bakal di libas abis ma superior pabrikan yang udah menjalar..hehe

  2. masih ngimpi pabrik mobil ? xixixi

  3. Bayi yang malang… 🙁

  4. Itu bedanya antara bangsa Indonesia dan India…

  5. cuma seratus mtr dr rmh ane..tiap x beli bensin ke pom lewatin ni pabrik miris bgt liatnya

  6. tak terawat 🙂 , itu masih berjalan ato sudah tutup bro…?

  7. nelongso

  8. miris, motor nasional kita memang enggak maju-maju

  9. Wemane tenan…..dibikin lebih bermanfaat kan bisa, misal dibikit pabrik simulator SIM, lebih menghasilkan :mrgreen:

  10. Padahal aq demen sama produknya yang Taurus itu, fungsional bangeeeeeet, sayang nasib pabrikan ga jelas urung beli

  11. motor nasional kok cepet rusak
    buktinya aku pernah punya, mosok habis buat turing jarak jauh tiap 2 minggu ganti piston.

  12. di pandaan sama legundi(gersik) juga ada pabriknya masbro
    sama2 tjap motor lokal :mrgreen:

  13. mending dipake buat usaha lain ketimbang mangkrak gitu…

  14. Sama seperti namanya semuanya bagai angin lalu…..

  15. Ketahanan mesin belum teruji…

  16. yg masih lumayan ya kayak tossa, minerva, viar dkk….

  17. Yogi ardhana

    Modele piye ngono

  18. masalah utama bukan di pabrik motornya, tapi masyarakat indonesia terutama kaum mudanya, umumnya borju dan gak punya kebanggaan jadi orang indonesia, umumnya mereka meletakan harga diri dan kebanggaanya pada barang barang bermerk import yang terkenal. ini karena umumnya otaknya jarang dipake alias bebal, kebanyakan nonton sinetron gak mutu.

  19. mau tanya mas, aset kanzen dikemanain, btw, saat produksi kanzen enginenya bikin sendiri kah?

  20. Sebtlnya aku sangat bangga produk anak bangsa tp sayang gk bisa beli gara” gk punya duit . Sebetulnya jg aku suka kanzen bebek yg mirip tril itu yg aku suka . Tp aku tetap bangga pd prodok anak bangsa walaupun aku gk bisa beli , dan aku sangat menghargai itu jayalah Indonesiaku prestasi tetap aku dukung ….

  21. Entar tunggu saja kalau Presidennya Jokowi, insya Allah akan bangkit lagi produksi dalam negeri.

    • dari 0 lagi ya :v wkwkwkwkwk …

    • Kok belum bangkit ???? Tueng..weng..weng…..

    • skrg presidennya jokowi..kok itu pabrik kg bangkit lagi..mlah jd gudang sembako…pdhal sipemiliknya rini sumarno msh jd mntri ……baru inget mobil smk aza kg jelas juntrungannya..boro2 mikirin motor kanzen..sing penting blusukan bwt pencitraan….

  22. ntr juga pt.kanzen bangkit kembali. mulai dri nol

  23. tAPI bkn pt kanzen lg he he 😀

  24. gua punya kanzen ultima 100 temen gua dr bocah, gua emang masih muda, tapi nanti kalo gua gede, cuman satu yang gua pengen. gua mau bikin Motor Kanzen ini jaya, gua gk sekedar ngomong tapi janji ma kalian

  25. sekarang masalah nya adalah, barang ini kurang dalam pemasaran dan keyakinan dari masyarakat, klo masyarakat udah yakin ama nih motor dan motor ini rada dipoleh bagian depan agar lebih sporty pasti bisa ngalahin satria Fu dan yamaha Vixion. toh kanzen gua mesin standart aja menang start balapan 100 m. kalah cuman gr2 koplingnya

  26. Yaah…..sekarang rini nya malah jadi ketua rumah transisi ngurus buat negara padahal ngurus perusahan secuil ama setitik orang aja ngga becus…piye toh

  27. kanzen megastar mesinnya bandel abizz

  28. kanzen saya masih hidup sampai sekarang cuma sepulnya yang dua baris yang bermasalah bikin motor batuk2

  29. SAYA PUNYA KANZEN SPECTRA SAMAPI SAAT INI MASIH BAGUS CUMA BODYNYA SAJA YANG RUSAK KAREAN SUDAH KEMAKAN UMUR SAYA BELI TAHUN 2003 HAMPIR 12 TAHUN SAYA GUNAKAN INI MOTOR KANZEN OK LAH UNTU MOTOR BEBEKNYA

  30. sudah tutup sejak thn 2010,,coba indo bikin sepeda motor elektrik,,pasti gak ada saingannya

  31. rofik makshum

    nyonto dulu aja deh klo menurut sy mah… model n proporsionalny. klo desain sendiri.. repot.. conto cina motor pada nyontek jepang semua. ni cerita mau sy bagi sama murid-murid biar generasi kita ikut peduli juga masalah beginian…

  32. Frie enginer

    ..pt.semesta cipta motorindo…# ..tempat pertama aku ( afri junaedi ) ..masuk pt..,/ kini sudah tertidur ” kanzen ” ..teman teman entah kemana # …masih inget ngerakit ….road star , megastar , scudetto , pesona , taurus…,# …semoga bu rini ..tetap semangat. , masih inget saat buka bersama …, 17 agustusan , …seru banget…# …semoga masih ada kanzen….lagi

  33. Padahal…. kalau si empunya perusahaan sudah merasa tidak ada masa depan tuh pabrik motor, ganti aja produksinya ke makanan ringan. Snack merk kanzen kan lumayan keren 😀

  34. Aku pnya scudeto ampe skarang masih meski mangkrak. Yaa buat memorial karna aku bangga kita anak bangsa sdah berani bikin motor sndiri. Semoga perintah punya perhatian lebih buat mobnas…

  35. henda risyana

    Masalah ada di pihak bank, tidak ada yang mau untuk membeli,
    Mang no design handal yang merancang semua motor kanzeb

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: