Templates by BIGtheme NET

Kapan Harus Ganti Ban Motor?

kode produksi ban sepeda motor

Kadang-kadang ada kondisi abnormal yang memaksa kita untuk ganti ban motor, misalnya ban tiba-tiba hamil, alis melendung di posisi tertentu, atau sobek karena menginjak plat tajam. Lalu kapan kita harus ganti ban pada kondisi dan pemakaian normal?

Perhatikan TWI

tyre tread wear indicators

Tread Wear Indicators alias TWI adalah batas keausan ban yang diijinkan. TWI berbentuk tonjolan kecil di alur-alur yang terdapat di telapan ban. Jarang sekali biker yang memperhatikan TWI ini, bahkan masih banyak yang tidak mengetahui gunanya.

Pada dinding ban (sidewall) terdapat beberapa tanda segitiga kecil. Segitiga tersebut menunjukkan bahwa pada posisi tersebut terdapat TWI di tread alias kembangan telapak ban.

tyre tread wear indicators

Setelah pemakaian tertentu, ban makin lama makin aus, dan tread makin tipis karena terkisis aspal. Kemampuannya mencengkeran aspal makin berkurang, sehingga sangat berbahaya jika dipakai untuk berkendara. Jika ketebalan tread sudah mencapai TWI, maka ban harus diganti.

Masa expired

Layaknya makanan, ban pun memiliki masa kadaluarsa. Tidak ada ketentuan yang menyatakan kapan ban akan kadaluarsa. Tapi banyak ahli sepakat (ahli apa nih?) ban akan expired setelah 3 – 4 tahun setelah tanggal pembuatannya.

Lho, ban bisa expired juga ya?

Pernahkan brosis menjemur karet gelang? Setelah beberapa hari dijemur, karet akan retak-retak, dan mudah putus ketika ditarik.

Hal yang sama dapat terjadi pada ban sepeda motor. Karena proses oksidasi dan ozonisasi, ban akan hilang kelenturannya dan menjadi getas. Ban dengan kondisi seperti ini sangat tidak aman untuk digunakan. Jadi ban sebaiknya diganti jika sudah berumur 3 – 4 tahun, meskipun belum mencapai TWI.

Pada dinding ban selalu terdapat kode produksi berupa 4 digit angka. Sudah menjadi aturan internasional, bahwa 2 digit pertama menyatakan minggu ke berapa ban tersebut dibuat, dan 2 digit berikutnya menyatakan angka tahun.

Perhatikan gambar paling atas. Di sana tertera angka “5212”. Artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke 52 tahun 2012.

Nah, kalau mau beli ban baru, perhatikan selalu kode produksi tersebut, agar tidak tertipu dengan harga murah penjual ban pinggir jalan.

20 comments

  1. ban motor saya masih tebal tapi sudah expired (3 tahun) jadi retak2. ada solusi ga ya biar ga retak2?

    • Kalau sudah terlanjur retak-retak solusinya cuma satu bro: ganti baru 🙂

      Proses oksidasi tidak bisa dihindari, cuma bisa diperlambat. Caranya: simpan ban di kulkas 🙂

  2. Ban motor saya masih bagus,gak lama ini ru di ganti..
    nice post..

  3. bru thu sya istilah TWI… mencegah mmg lebih baik sblm semuanya terlambat… thx infonya !

  4. Kalau saya hampir dibilang langganan bocor ban belakang, entah mengapa, padahal udah diganti ban luar nya :’|

  5. Klo ad duit,
    ganti ban gambot,walau blum habis

  6. Kalo gak karena udah botak… Ya udah dirasa licin / komponnya mengeras… Biasa sih paling lama 2 tahun udah harus ganti 🙂

  7. waduh, ban motorku berarti harusnya sudah diganti nih…terima kasih paman

  8. Pernah dengar,tapi buat motogp,ternyata ban massal sama juga,to..thanks..infonya.. 🙂

  9. yap,, saya jg gantinya selalu memperhatikan TWI itu,, (padahal baru tau arti dari bentuk segitiga itu apa,, hahaha)

  10. nice info mas.. makasi..

  11. aq dah 2 tahun lebih belum ganti 😆

  12. Ban motorku dah 3 tahun mas… belum check lagi nich…. biasanya jg lihatnya dr TWI tsb mas…. Nice artikel nich…

  13. kalau dah punya duit, hahahahaha

  14. ban blkng udah teriak minta jajan.. bibir soak.

  15. wah baru tau aku, kalo ada tanda khusus untuk mengecek kondisi ban yang harus diganti,, selama ini saya ngeceknya kalo ban udah keliatan gundul dan kalo pas buat berkendara kok ban kaya tergelincir gitu. langsung tak ganti ban baru… thanks sharenya sangat bermanfaat sekali. .

  16. Wah setelah baca tulisan ini, langsung diraktekin liat langsung ban motor. Tapi bingung juga tanda segitiganya terlihat di tepi ban jd gagal paham mana batas yang di maksud. Aku ganti ban mio soul 1 x setahun. Saking hobinya touring hihihi .

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: