Templates by BIGtheme NET

Bengkel Yang Tidak Recommended

Bengkel Sepeda Motor

Pernahkan bro and sis mengalami kejadian tidak menyenangkan di bengkel sepeda motor? Bisa jadi pengalaman buruk atau sekedar tidak puas dengan pelayanan mereka.

Di desa saya ada sebuah bengkel yang baru buka. Lokasinya bagus, bangunan bengkelnya luas dan penampilannya sangat representatif. Suatu hari, iseng-iseng saya ingin mencoba service si Jupe ke sana.

Setelah memarkir sepeda motor, saya langsung mendatangi si mekanik yang sedang bercakap-cakap dengan temannya, “Mas, service ya!”. Apa jawabnya? “Maaf mas, tidak melayani service motor”, kata si mekanik.

Lho? Kaget juga mendengar jawaban itu. Bengkel kok gak melayani service motor. “Kalau bikin KTP bisa gak?” “Lha di sini melayani apa dong?”, tanya saya lagi.

“Cuma jual spare part saja. Kalo cuma ganti oli sih bisa.”

Oh . . . I see.

Kurang lebih 2 bulan kemudian saya kembali ke bengkel tersebut, dengan tujuan mau ganti oli. Pertimbangannya, siapa tahu di situ banyak pilihan olinya.

Setelah memilih oli, saya lupa pilih apa waktu itu, saatnya mengeluarkan oli yang lama dari mesin. Si mekanik kelihatannya kesulitan membuka baut punutup oil drain. Saya tahu memang kepala bautnya sudah agak aus, alias hampir kehilangan bentuk segi enamnya. Saya memang berniat sekalian menggantinya.

Setelah mencoba 5 sampai 10 menit, akhirnya sang mekanik menyerah. “Gak bisa dibuka mas bautnya”, katanya.

“Ya, udah deh”, jawabnya saya dengan kecewa.

Akhirnya, si Jupe saya bawa ke bengkel langganan saya. Langsung ditangani mekanik. Buka baut penutup oli dengan kunci ring, tidak berhasil. Lalu dia mengambil sesuatu, ketak ketok sebentar, tidak lebih dari setengah menit, saya lihat oli sudah mengalir keluar.

Weleh, diapain tadi, saya bahkan belum sempat melihat.

Begitulah, buka bengkel sepeda motor memang peluang bisnis yang menjanjikan. Sayangnya, seringkali si investor kesulitan mencari mekanik yang handal. Sehingga mereka akhirnya mempekerjakan mekanik tidak memiliki ketrampilan dasar yang dibutuhkan.

Note: Gambar sekedar ilustrasi, dicomot dari google search.

25 comments

  1. itu namanya toko bukan bengekal. klo bengkel ya bengkelsepedamotor.wp com 😛

  2. kalau aku udah ada mekanik pribadi, jadi kalau ada masalah ga usah ke bengkel dulu.. mekaniknya juga tetangga sendiri sihh hehehe :mrgreen:

  3. resiko kalau motor dibawa berobat ke bengkel kaki lima.
    pelayanannya benar-benar mengecewakan
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/bagian-utama-p200ns-yang-bakal-dibuka.html?m=1

  4. jinrakonderakoyo

    pernah sekalai waktu aku pasang penutup seal shock depan parah banget hasilnya Gan.. aku baru tau 2 hari kemudian karena oli keluar dan menetes ternya bambunya penuh dengan luka bekas palu asyemmm gondok tingkat tinggi jadinya malah ganti bambu dah.. akhirnya biar kata cuma ganti oli aku bela belain ke beres nya.. sampe sekarang aku ga berani service motor ke bengkel pinggir jalan banyak malapraktek… waspadalah waspadalah..

  5. waduh padahal gede tuh ya bengkelnya, masa service kagak bisa, ane pernah tuh ditepu ama ber** ya**** , ganti kamkop dikasihnya kamkop yg gembel https://brigade15.wordpress.com/2013/01/05/ternyata-yang-di-kamar-itu/

  6. maaf mas oot pengen cerita pengalaman aja
    ini bukan di bengkel2 biasa kaya gitu lho ini di AHASS. Waktu dulu saya belom nemu bengkel yang pas buat motor saya (cbr 2006) dan karena udah waktunya servis dan ini kali pertama saya servis motor ini jadinya ngacir ke AHASS aja. Eh tapi pulangnya gk nyangka mas dudukan fairing ke rangka malah patah. Dan akhirnya sampai sekarang saya gk pernah servis motor ini ke AHASS yang itu lagi :evil:.
    dan ini benar2 buat kecewa TT
    http://pangben.wordpress.com/2013/01/06/knalpot-aftermarket-untuk-suzuki-inazuma-keren-sob/

    • ujang bensin

      Sama gan ane juga punya pengalaman buruk sama ahas waktu service vario pas udah beres bautnya ada yg ga dipasang dan baut yg lain pd kendor.. padahal ada bagian chekernya tp baut ga dipasang didiemin…

  7. pernah motor tiba2 mogok di jalan terpaksa ke bengkel pinggir jalan,bongkar2 bodi bgt dipasang lagi ko geter,ternyata dudukan bautnya pada patah,parah.

  8. kadang2 bengkel kyak toko obat aje yah .,,.,.cuman jual sparepart duank .,,.,.

  9. setuju mas
    urusan bengkel adalah yg berusrusan dengan banyak akal
    klo mdh menyerah kayaknya ga deh hehehe

    http://dk8000.wordpress.com/2013/01/01/artikel-ini-ditujukan-untuk-teman-teman-yang-sempat-singgah-di-garasi-saya-dk8000/

  10. Sayang banget ya mas… ga ada pelayanan yg memuaskan….

  11. saya selalu ganti oli sendiri dirumah 😀

  12. kadang bukan mekaniknya yg g bisa tapi memang alatnya yg kurang mendukung. setau sy kalo bautnya udah aus memang harus pake obeng ketok.

    Dan kasus diatas kan sdh disebutkan kalo sebelumnya kepala bautnya memang sudah aus. sebaiknya malah yg tidak direkomendasikan itu bengkel yg sebelumnya. kenapa kepala bautnya udah mulai aus kok g sekalian diganti.

    Org tua sy buka sparepart (non bengkel) dr mulai sy belum lahir sampai sekarang sy umur 29 alhamdulillah masih jalan.

    lebih susah buka bengkel daripada jualan sparepart.

    NB: pernahkah anda memberi tips tambahan sama mekanik yg sudah membantu anda?

  13. pengalaman saya di bengkel umum,saya nggak pernah mau kalau motor saya di tangani anak buah…selalu saya nyuruh si bos yang sudah saya tahu kemampuannya untuk nangani motor tua saya..

  14. jujur mas, motorku sekarang jarang ke bengkel..gara-gara pas jajal ku bongkar, ada banyak karet pengganjal di bodinya..tampaknya kalo masang cover body, belum pas udah dipaksa disekrup dan diganjel karet, bukannya dipasin dulu..padahal sebelumnya pembongkaran cuma di bengkel resmi..alhasil karet-karet ku buang dan pemasangan cukup lama karena ngepasin dulu dan ngilangi efek ganjel sebelumnya.. 👿

  15. meskipun bengkel baru kalo mekaniknya kita udah tau kedibilitasnya juga no problemo 😀

  16. hahaha, itu bengkel dadakan mungkin dan montirnya amatir 😀

    Konsultan Pajak

  17. bengkel kok ga nerima servis…kalo di tempat saya ada bengkel berkualitas malah bisa nerima servis sampai malam lumayan lah balik kerja servis motor dulu..selain itu juga konsep’a minimarket jadi barang2a bisa di liat2 langsung dan ada cafe di lantai 2’a..nama’a bikermart letaknya di purwokerto

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: