Templates by BIGtheme NET

Kisah Tragis Dibalik Tutupnya Motor Kanzen

Sepeda Motor Kanzen

Mungkin tidak banyak yang tahu kisah tragis di balik tutupnya produsen sepeda motor Kanzen. Bahkan lolos dari perhatian media, sehingga tak satu pun media yang mengangkat beritanya.

Karena jumlah penjualan yang sangat kecil, kurang dari 1000 unit per bulan, dan cenderung menurun setiap tahun, akhirnya Kanzen tidak kuat lagi menanggung biaya operasional pabriknya yang sudah berjalan sejak tahun 2000.

Sejak pertengahan 2009, Kanzen tak mampu lagi membayar gaji karyawan dengan benar. Gaji yang seharusnya dibayarkan sekaligus di akhir bulan, terpaksa dicicil, dan jumlah total yang diterima karyawan pun tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya.

Di pertengahan 2010, kondisi Kanzen semakin parah. Management tidak mampu lagi membayar hutang ke supplier, sehingga supplier banyak yang mengancam untuk membawa Kanzen ke meja hijau. Tak cuma itu, banyak supplier datang ke pabrik dengan membawa “debt collector”.

Klimaksnya, membayar tagihan listrik pun Kanzen sudah tak mampu lagi, setelah beberapa kali ditunda, akhirnya listrik pun terpaksa diputus oleh pihak PLN.

Sejak akhir 2009, secara bertahap Kanzen melakukan PHK terhadap karyawannya. Yang paling beruntung adalah karyawan yang di-PHK di tahap pertama, karena mereka mendapatkan uang pesangon secara penuh.

Di proses PHK tahap-tahap selanjutnya, karena tidak mampu membayar dengan cash, management berjanji membayar pesangon karyawan dengan cara dicicil (lagi-lagi dicicil). Karyawan tidak punya pilihan selain menerima keputusan tersebut. Pembayaran cicilan pertama, kedua, ketiga, lancar. Selanjutnya tidak ada lagi pembayaran. Kalau pun ada jumlahnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Dan, yang paling tidak beruntung . . . masih ada beberapa karyawan yang masih “dipertahankan”. Nasibnya kini terkatung-katung, di-PHK tidak, digaji pun tidak.

Kasihan . . .

[share]

50 comments

  1. waduh! Menyedihkan gan.

    • Menyedihkan bro.
      Proyek idealis berakhir tragis.

      • pemerintah hanya diem mengurus & sibuk sama urusanya masing.

      • ternyata Indonesia bs mbuat motor sdri, tp syg tutup d krnkan pemerintah tdk mdukung penuh pabrik motor ini, dan pemerintah jga tdk mbantu utk bersosialisasi dlm pjualany, coba pemerintah ikut campur tangan dgn mslh ini, mungkin kta bs bangga dgn memakai dan mgunakan motor pabrik negara sdri ini. knpa negara ini tdk meniru Negara India yg bs sukses dgn pjualan motor bajaj’ny. sharusny negara kita bs meniru mereka, mereka adalah negara yg perbandinganya jauh d bawah kita, sedangkan negara kita lebih maju d banding dgn negara mereka, tetapi mereka bs membuktikany kesuksesan negara mereka dgn baik.smga saja negara ini bs jauh lebih baik kdpny nanti.

  2. Ada teman karyawan di Kanzen ya?

  3. sedih juga bila cerita berujung tak bahagia

  4. dulu temen sma ada yg pernah bawa kanzen ke sekolah . . mungkin sekarang jd barang langka 🙄

  5. Wah parah tuh pabrik kanzen, makanya motornya g laku..

  6. tidak ada improve di engine sih …. selama itu masih C series, ya konsumen pasti anggep tu ploduk abal-abal……

  7. mengenaskan… 🙁

  8. wah saya baru tahu klo kanzen tutup bro. kirain msh jualan walopun cm di daerah sumatra aja.
    wah kasian tuh ppak mang no yg merupakan salah satu desainer produk kanzen. jgn2 dah di PHK jg. btw, coba maen ke blognya pak dahlan iskan bro. titip link disana. sapa tau aja pak dahlan aware dgn masalah ini. kan sekarang mereka lg giat2nya kampanye pemakaian produk dlm negeri.

    • emangnya kanzen motor dalam negri?? bukannya motor cina yg bikin pabrik disini, sama dg motor jepang yg punya pabrik disini.
      dari merknya aja udah jelas

      • Itu salah satu kesalahan strategi kanzen.
        Pengin jadi motor nasional, tapi merk-nya mirip-mirip motor Cina.

        BTW, kanzen modalnya 100% lokal bro

  9. duk kok bisa mpe bgut yah.,., kasihan kanzen

  10. harusnya pemerintah bill out dong, kayak century itu. kan lumayan dari pada lumanyun…

  11. tragiss …. terakhid kanzen berinovasi dengan motor berbahan bakar elpiji,

  12. ya move go on aja deh

  13. kasihan,..baru tau ane

  14. Informasi Bali

    padahal motor lokal kan ini ya bro…

  15. Sayang banget ya kang….

  16. menurut sodara ane yg jadi sopir salah satu pejabatnya bu Rini (pendiri kanzen), kanzen emang udah ga produksi lagi semenjak gudang atau pabriknya terbakar, pasnya kapan ane juga udah lupa. setelah itu mrk hanya ngandalin penjualan sisa stok yg masih ada, itu pun penjualannya ga lancar krn ga ada promosi dan perusahaan juga sptnya sudah tidak terlalu mengurus bisnis unit kanzen tsb, krn mrk lebih fokus pada bisnis baru yg dinilai lebih memberikan profit dibanding motnas yg kurang dukungan baik konsumen maupun pemerintah indonesia. kalo ga salah, bisnis baru tsb dibidang pertelevisian basis satelit, spt indovision atau telkomvision.
    amat disayangkan, padahal motor kanzen secara kualitas diatas motor cina, bahkan utk beberapa bagian, lebih baik dari motor jepun…(utk kelas bebek).
    krn motor yg sodara ane pake adalah kanzen Pesona yg menurut dia sangat baik, jarang bermasalah, ditambah lagi kemudahan part krn emang bisa pake punya honda.

  17. padahal sempet punya tim roadrace sendiri lho si kanzen

  18. Ironi negeri sepeda motor

  19. akhmad bakas tiuh

    pelajaran berharga..inilah saatnya kita hrs jeli..dan mau berkorban untuk mulai membeli produk indonesia..tidak haya sebatas mengucapkan kasihan saja..saya sendiri menggunakan motor kanzen dan tidak bermasalah..saya membeli dgn uang bukan membeli merek dan ternyata saya beruntung sampai saatini motor tsbt oke saja..dari segi ekonomis saya beruntung ..haega murah tapi tidak murahan..hilangkan luar negeri minded..tidak selamanya buatan luar negeri itu bagus..banyak produk indonesia diliuar negeri..selamatkan tenaga kerja indonesia…

  20. kanzen…tinggal kenangan 😀

  21. Kasihan para karyawan pada di kemanain tuh

  22. hik hik hik……

  23. Adhitya Ramadian

    so jangan coba2 bikin ATPM sendiri, biarlah honda, yamaha, suzuki, kawasaki dll

  24. aku punya motor kanzen memang bandel walopun akselerasi kalah tapi untuk perjalanan panjang (turing) mesin bandel belum pernah rewel sampe sekarang Nopember 2012.spectra 2003.

  25. SEDIH.. semoga bajaj ga gitu ya

  26. Sayang Kanzen tidak mendapat dukungan dari pemerintah, gak kaya di negeri tetangga kita.
    Ironis, Ibu Rini Suwandi yang ingin membangun produksi motor nasional, dengan berawal dari produk Kanzen yang menggunakan teknologi dari Korea (Daelim) harus hancur karena kurangnya promosi & support.
    Kapan Indonesia punya Motor Nasional & Mobil Nasional? NGIMMMPIII……..
    (Mantan R&D Kanzen dari 2004 s/d 2005)

  27. alhamdulillah dapet tranferan dari kanzen cukup buat ngilangin kesel beberapa detik

  28. buat perhatian temen temen yang lain,klo SPSI dan lembaga yang menangani masalah perburuhan blum dapat berjalan cepet cepet aja diadakan.dan jangan mudah terpropokasi dengan janji janji yang membiuskan dari oknum oknum yang hanya memikirkan keuntungan pribadi

  29. semoga viar tidak bernasib sama dengan kanzen!

  30. pemilihan brand yang salah. Orang mengira KANZEN itu produk China…akhirnya tak laku. Beda dengan VIAR

  31. purwadi yohanto

    moga aja d masa yg akan datang motor kanzen akan jaya kembali untuk menghiasi tanah air kita ini,,,ammiinnn ,,harus ada perhatian dari pemerintah indonesia,,, i love kanzen

  32. susiekania13

    Semoga kanzen bs jatuh ke tgn sinar mas group, Amiin..

  33. pelaut tampan

    coba baca buku ‘indonesia negara merdeka yang masih terjajah’ … Kita ini ada yang merekayasa agar bangsa kita tidak mandiri.. Ini yang harus kta lawan dan kta rubah..

  34. andik Ramon Garcia

    waduh pengen lihat kanzen yang tipe v-star yg model nya macam Harley gk jd nie…

  35. kesalahan yg paling utama adalah dari masyarakat yg enggan memakai motor produk dlm negeri dg berbagai dalih dan alasan

  36. dulu tahun 2003 motor saya kanzen.. trs tahun 2007 ganti honda beat yg matic.. oke kok motornya

  37. Hmm … siapa yang ga kenal Timor dan Bimantara ? Indonesia banget kan … untuk kasus KANZEN mungkin klo namanya Pitung atau Bima atau nama yang berciri Khas Indonesia, bukan hanya kita tau klo itu produk buatan Indonesia, supaya ada kebanggaan juga saat kita pake barang tersebut, Sayang nya orang Indonesia ga begitu siiih… banyak loh orang Indonesia yang mencibir buatan Indonesia sendiri, dan harus nya petinggi negeri ini juga kasih contoh pakai produk Indonesia, bukannya malah pamer barang branded dari luar negeri, jadi … sebenernya Indonesia itu ga pernah bener bener MERDEKA dari penjajahan …

  38. Karena model dan teknologi yg tertinggal dan marketingnya gak bagus

  39. memory kelam

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: