Templates by BIGtheme NET

Cegah Pencurian Motor Dengan Pengamanan Berlapis

TVS Rockz

Di negeri ini pencurian sepeda motor semakin meresahkan. Bagaimana tidak, motor idaman yang kita beli dengan menyisihkan sebagian rejeki dari kerja keras kita setiap bulan, hilang dalam sekejap. Teknik pencurian pun semakin canggih, pengamanan standar sudah tak mampu lagi mencegah.

Setelah baca artikel tentang pencurian sepeda motor di blog ridertua, jadi ingat bahwa TVS Rockz secara default memiliki fitur pengamanan berlapis untuk mencegah pencurian. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk membuat fitur serupa di motor mas bro.

TVS Rockz

Fitur pertama adalah kunci stang. Bukan fitur yang aneh, mungkin semua motor sudah memiliki fitur ini. Jadi gak perlu dibahas lebih panjang.

TVS Rockz

Fitur kedua, saklar tersembunyi. Saklar ini berfungsi memutuskan arus yang menuju ke pengapian. Jika dipencet OFF, maka engine tak akan dapat di-start, baik menggunakan electric starter maupun menggunakan kick starter. Sampai gempor Anda tendang, engine tidak akan menyala.

Dan fitur ini posisinya tersembunyi di bawah jok. Jadi hanya dapat kita ON-kan jika kita punya kunci jok.

TVS Rockz

Fitur ketiga, pengunci standar tengah. Dengan fitur ini, center stand alias standar tengah dapat dikunci secara mekanik, sehingga tidak dapat dilipat ke atas. Pencuri tidak akan bisa mendorong ini motor. Kalau ngebet juga pengin nyolong motor ini, ya silahkan diangkat saja, kalau kuat.

Sayangnya fitur yang ketiga hanya terdapat pada Rockz keluaran lama, mungkin 2009 atau 2010. Entah kenapa, Rockz yang baru tidak lagi dilengkapi dengan fitur ini.

Kalau masih merasa kurang aman juga, silahkan tambahkan gembok diskbrake dan rantai seperti gambar di bawah ini 🙂

Gembok Diskbrake

Gembok Rantai

8 comments

  1. ciamik, nice info gan

  2. yang trakhir klo bisa jgn digembok di rantau, tp gir belakangcmiiw

  3. restu priyandaru

    fitur ketiga sudah ada di jupiter mx dri awal keluar cmiiw

  4. fitur yang kedua bagus tuh buat diterapkan,tp sayang motor ane aja jadul maling juga malas buat mencuri. btw, ntuh bule mo ngapain yah?

  5. Gemboknya itu lho..nggak nahaaan.. 😀

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: