Templates by BIGtheme NET

Domain .id Akan Dipasarkan Awal Tahun 2013

PandiDomain .id sebagai ccTLD (Country Code Top Level Domain) Indonesia akan segera dipasarkan awal tahun 2013, demikian menurut Pak Sigit Widodo, ketua Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Pernyataan tersebut disampaikan pada acara Seminar Domaining Indonesia yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2012, di Hotel Harris, Tebet, Jakarta.

Selama ini, Pandi hanya memasarkan ccSLD (Country Code Second Level Domain) seperti co.id, net.id, or.id, web.id, ac.id, sch.id, go.id, dan mil.id.

Sigit Widodo

.id akan di-branding sebagai identity (identitas). Negara-negara lain yang sudah memasarkan ccTLD mereka pun berusaha melakukan branding dengan berbagai cara, agar ccTLD mereka diterima pasar. Misalnya .co (Colombia) di-branding sebagai Company, .tv (Tuvalu) di-branding sebagai televisi atau video.

Selain itu, Pak Sigit juga menyampaikan bahwa Pandi berencana melepaskan perannya sebagai registrar dan fokus sebagai registry saja. Dengan demikian Pandi hanya akan menjadi pengatur dan pembuat kebijakan yang berkenaan dengan domain .id, dan tidak lagi menerima pendaftaran domain secara langsung. Peran sebagai registrar akan dialihkan ke lembaga swasta yang berminat.

Pandi sedang menggodok persyaratan dan tata cara pendaftaran untuk menjadi registrar. Rencananya akan diumumkan pada 28 Mei 2012, dan pendaftaran akan dibuka mulai awal Juni 2012.

Dalam acara Seminar Domaining Indonesia tersebut hadir pula Ibu Fitri Handayani (PT. DotCom Indonesia), Bapak Danrivanto Budhijanto (Badan Arbitrase Nasional Indonesia), dan Ono Sudarsono (domainer senior dari PasarDomain.com).

photo by kaisar

11 comments

  1. mantap om kalo jadi dijual makin banyak nama domain unik nih dengan cctld id 🙂

  2. seperti domain Indonesia lainnya apakah sekiranya ada persyaratan khusus untuk bisa memiliki domain .id nantinya, apakah persharatan ini disampaikan pula oleh beliau dalam seminar itu
    trims atas infonya

  3. @Jefry: Persyaratannya sedang digodok Pandi bersama dengan Dep Kominfo.

  4. Pasti ratusan ribu tuh costnya… 😀 😐

  5. Wah, makin keren aja domain indonesia. Moga aja makin terkenal domain .id

  6. mantep, biar tambah berkembang domain indonesia…

  7. Mantap, Trims infonya, Persyaratannya moga – moga gampang

  8. artikel yang menarik mas…..tambah ilmu nih

  9. Wah, benar – benar mantap, kalao sampek ada domain baru .id,, simple banget.. 😀
    Semoga persyaratan untuk memiliki domain tersebut juga tidak terlalu rumit.. 😀

  10. Thanks Infonya Gan… salam Kenal

  11. tambah rame nih bisnis domain indonesia
    *biasanya mahal

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: