Switch To Old Kaskus : Kaskus Galau

KaskusBaru hari ini saya menengok Kaskus lagi, setelah cukup lama tak mengunjunginya. Pertama yang saya lihat adalah menu bar yang ada di bawah untuk memeriksa apakah ada PM masuk. Oh ya, saya pakai Kaskus BETA. Dan saya cukup surprise ketika melihat ada tombol yang cukup mencolok mata, dengan keterangan jelas “Switch to old Kaskus”. Lho?

Ya, seperti semua kaskuser sudah tahu, Kaskus sedang mengembangkan aplikasi baru, yang katanya murni karya anak bangsa, untuk menggantikan aplikasi vBulletin yang selama ini dipakai. Aplikasi baru yang akan menjadi New Kaskus ini sudah bisa diujicoba oleh kaskuser yang mendapat invitation.

Switch to old Kaskus

Tapi yang terjadi adalah . . . kaskuser yang sudah mencoba versi Kaskus Beta banyak yang mengeluhkan masalah navigasi, design, dan bug. Terus terang saya juga merasakan kesulitan masalah navigasi ini, harus banyak berputar-putar dan main tebak-tebakan 🙂

Masalah design juga cukup mengganggu, karena Kaskus Beta menggunakan warna background yang cerah, tanpa diimbangi oleh warna-warna yang lain. Design juga terlihat sepi, alias banyak area kosong, sehingga warna background yang menyilaukan semakin dominan.

Sayangnya, kaskuser yang sudah dapat invitation ke Kaskus Beta, tidak dapat kembali menggunakan Kaskus lama, alias versi vBulletin. Mungkin ini adalah strategi kaskus untuk “memaksa” usernya beralih ke Kaskus Beta.

Satu-persatu kaskuser yang mengeluhkan hal-hal tersebut mulai meninggalkan Kaskus, atau paling tidak jadi jarang berkunjung. Saya adalah salah satunya.

Kaskus Galau

Banyaknya kritikan para kaskuser ternyata membuat Kaskus menjadi galau. Rangking trafik kaskus terus menurun. Saya mencatat awal bulan Maret, rangking Kaskus di Alexa adalah 260. Saat tulisan ini dibuat, rangking Kaskus turun menjadi 267. Bukan tidak mungkin bulan-bulan ke depan akan terus menurun.

Sang Mimin jelas merasa harus segera bertindak untuk menyelamatkan trafik Kaskus, maka dibuatlah tombol “Switch to old Kaskus” untuk menarik kembali kaskuser yang mulai meninggalkannya.

Jadi sekarang ada dua versi Kaskus yang hidup bersamaan, Kaskuser boleh memilih. Tombol ini sekaligus menunjukkan bahwa launching New Kaskus akan semakin mundur jauh.

Tags: , , , ,

Comments
  1. ka
  2. grosir terasi asli
  3. afan
  4. agaricpro

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: