Advertisements

Audi Resmi Membeli Ducati US$1,12 Miliar

Audi beli Ducati

Setelah menjadi rumor beberapa minggu, akhirnya Audi, sebuah unit bisnis mobil mewah dari Volkswagen (VW), resmi membeli produsen sepeda motor Ducati dengan harga fantastis US$ 1,12 miliar, atau kurang lebih 10 triliun rupiah. Tidak terlalu mengejutkan sebenarnya, karena sejak April 2008 Chairman Volkswagen, Ferdinand Piech (75), telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Ducati. Tetapi pada saat itu keinginannya belum dapat terpenuhi karena Investindustrial, sebuah group investasi dari Itali, telah lebih dahulu membelinya.

Transaksi ini sudah disetujui dewan pengawas Audi, dan akan diselesaikan secepatnya setelah dilegalisasi oleh pihak yang berwewenang. Perwakilan karyawan Audi juga mendukung transaksi ini.

Atas pembelian ini, Audi akan masuk ke pasar sepeda motor kelas atas, dan berkompetisi secara langsung dengan BMW. Ducati menjadi anak perusahaan Volkswagen ke 11, sebelumnya Volkswagen telah memiliki Lamborghini, Bugatti dan produsen truk Scania AB dan MAN SE.

Ducati didirikan oleh Adriano dan Marcello Ducati di Bologna pada tahun 1926, sebagai perusahaan pembuat perlengkapan radio. Ducati mulai membuat sepeda motor pada tahun 1949.

Saat ini Ducati memiliki pabrik perakitan di Bologna dan Thailand dengan mempekerjakan 1.100 orang karyawan. Pada tahun 2011, Ducati mencatat penjualan sebanyak 42.000 unit sepeda motor dengan pendapatan sekitar 480 juta Euro.

Advertisements
Tags: ,

Comments
  1. bisnis online
  2. Angwie

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: