Layanan Google Yang Tidak Banyak Dikenal

GoogleSudah umum kita ketahui bahwa Google selalu meluncurkan produk-produk baru yang inovatif. Seringkali Google mengakuisisi start-up yang baru muncul untuk memuluskan pengembangan produk mereka. Kini Google memiliki banyak layanan gratis yang hampir setiap hari kita gunakan, macam search engine, Gmail, dan Blogger. Selain itu google memiliki produk-produk yang sangat terkenal seperti Youtube, Adsense, Picasa, Google+, Google Maps, Google Earth, Google Translate, Google Groups, dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak produk Google yang lain, sayangnya tidak semua produk layanan google ini cukup dikenal seperti produk-produk tersebut di atas. Walaupun sebenarnya produk-produk tersebut cukup useful. Berikut ini beberapa di antaranya :

Google Takeout

Google Takeout

Seperti kita ketahui Google menerapkan satu akun untuk semua layanan mereka. Nah, dengan Google Takeout kita dapat men-download arsip data-data kita yang ada di Google+, Picasa, Youtube, dan lain-lain. Tentu saja kita harus login terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Google Mars

Google Mars

Jika Google Earth adalah aplikasi untuk melihat permukaaan bumi, maka Google MArs adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisa permukaan planet Mars. Google Mars dibuat berdasarkan data-data yang dikumpulkan oleh Percival Lowell di tahun 1895, setelah menghabiskan beberapa tahun menggunakan teleskop.

Google Health

Google Health

Ini adalah salah satu contoh produk Google yang gagal merebut hati penggunanya. Tadinya aplikasi ini dibuat untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan kesehatan kita. Layanan ini akan resmi dihentikan per tanggal 1 Januari 2013. Jika Anda sudah menggunakannya, silahkan segera download arsip Anda sebelum Google menghapusnya.

Google SketchUp

Google Sketchup

Google SketchUp adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat objek-objek tiga dimensi, mulai dari yang sederhana macam gelas kopi, sampai tingkat rumit macam stadion sepak bola. Coba saja tengok galeri yang dibuat oleh komunitasnya, Anda akan tercengang.

Google Correlate

Google Correlate

Google Correlate dapat menampilkan trend pencarian dengan keyword tertentu berdasarkan waktu pencarian. Data akan ditampilkan dalam bentuk grafik garis yang memudahkan untuk analisa. Data ini bisa jadi sangat berguna untuk orang yang membutuhkan, misalnya staf marketing.

Google Sites

Google Sites

Ini adalah layanan Google yang memungkinkan kita membuat situs untuk sharing konten dengan komunitas kita. Bisa juga kontennya dipublikasikan untuk umum. Sayangnya Google tidak banyak mempromosikan aplikasi ini. Mungkin karena sudah ada Blogger ?

Google HotPot

Google HotPot

Dengan Google HotPot ini kita dapat membagi penglaman kita tentang sebuah restoran, mulai dari rasa makanannya, pelayanannya, dan lain-lain. Tentu saja tidak terbatas pada produk yang berupa akanan saja, kita bisa juga me-review produk atau layanan yang lain dengan produk apapun.

Sebenarnya sudah banyak situs untuk review sebuah produk atau layanan. Dan ternyata Google tertarik juga untuk main di kategori ini.

What Do You Love? (from Google)

What do you love from google?

Jika kita buka situs ini kita akan mendapati tampilan minimalis berupa kolom search doang. Jika kita memasukkan keyword tertentu, maka WDYL akan menampilkan hasil pencarian dari beberapa layanan Google.

Misalnya keyword “iron maiden” maka situs ini akan menampilkan hasil pencarian “Find books about iron maiden”, “Explore iron maiden in 3D”, “Translate iron maiden into 57 languages”, “See pictures of iron maiden”, “Watch videos of iron maiden”, dan lain-lain.

YouTube Feather

Youtube Feather

YouTube Feather adalah versi ringan dari YouTube. Dengan layanan ini Google memberikan option kepada kita yang memiliki koneksi internet pas-pasan, supaya dapat ikut menikmati video dari Youtube. Layanan ini diluncurkan sejak tahun 2009, namun sampai sekarang statusnya masih beta.

Panoramio

Google Panoramio

Google sudah memiliki layanan photo sharing yang sudah terkenal, yaitu Picasa. Nah, berbeda dengan Picasa, Panoramio ini adalah photo sharing khususnya photo yang berhubungan dengan sebuah lokasi, misalnya tempat wisata, gedung perkantoran, pasar dan lain-lain. Layanan ini juga dilengkapi dengan Google Maps, sehingga memudahkan kita mencari photo yang diambil dari lokasi tertentu.

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments
  1. kowandy
  2. Arfian Hidayat
  3. Hot Photo Gallery
  4. banyaknama
  5. Adi Isdiarto
  6. rusmanjay

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: