Templates by BIGtheme NET

Jangan Asal Pilih Nama Komunitas Sepeda Motor

Komunitas Sepeda Motor

Populasi sepeda motor yang luar biasa di tanah air melahirkan banyak sekali komunitas sepeda motor. Komunitas bisa dibangun karena kesamaan merk dan model kendaraan, kesamaan tempat tinggal, tempat kerja yang sama, atau bisa juga gabungan dari berbagai kesamaan yang dimiliki anggotanya.

Pada awalnya, tujuan dibentuknya komunitas tentulah positif, misalnya menjadi ajang silahturahmi, komunikasi dan diskusi seputar masalah teknis sepeda motor mereka. Komunitas bisa juga dijadikan sebagai media untuk sosialisasi safety riding, bakti sosial, dan lain-lain.

Sayangnya, setelah komunitas berkembang, anggota semakin banyak, seringkali komunitas tidak mampu lagi mengendalikan perilaku anggotanya. Bahkan terkadang perilaku anggota yang negatif malah mendominasi karakter komunitas. Satu contoh yang sangat sering kita temui di jalan : arogansi saat touring bersama.

Semua berasal dari sebuah nama

Apa arti sebuah nama? Jangan bilang nama tidak punya arti. Nama adalah doa dan harapan. Bagi masbro yang sudah punya anak pasti tahu, bagaimana orang tua berhari-hari memikirkan nama yang indah untuk anaknya yang belum lahir. Lalu lahirlah Sugiharto (orang tua berharap anaknya jadi orang yang kaya), atau Budiman (orang yang berbudi), Candra (bersinar seperti bulan), dan lain-lain.

Demikian juga nama komunitas sepeda motor, komunitas yang dibangun dengan tujuan dan harapan yang baik, tentulah memiliki nama yang baik, atau paling tidak nama yang netral. Saya yakin, nama yang positif akan membawa perilaku komunitas yang positif juga.

Genk Motor

Siapa tidak kenal Hell’s Angels? Namanya saja sudah berkonotasi negatif, bagaimana mungkin mereka menjadi komunitas yang sopan? Hell’s Angels sangat identik dengan kekerasan, tatto, pemerasan, dan tentu saja narkoba.

Gerombolan Motor

Nah, masbro yang berniat hendak membangun sebuah komunitas, luangkanlah waktu lebih untuk memikirkan nama yang positif untuk komunitas masbro. Dengan nama komunitas yang positif, tujuan yang positif, Insya Allah komunitas jadi berkah untuk anggotanya 🙂

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: