Templates by BIGtheme NET

Uang Muka Kredit Sepeda Motor Akan Naik

Dealer Sepeda Motor

Saat ini untuk mendapatkan sepeda motor baru sangatlah mudah. Hanya dengan uang muka 500 ribu Rupiah kita sudah bisa membawa pulang Yamaha Mio atau Honda Supra X terbaru. Syarat yang lain pun tidak ribet, hanya perlu fotocopy KTP. Tidak aneh, bahkan seorang pengangguran pun bisa punya motor baru.

Memang menyenangkan buat konsumen, tapi sebenarnya kemudahan ini penuh resiko, yaitu kredit macet. Tentu kita sudah punya banyak cerita tentang sepeda motor yang ditarik oleh dealer.

Sayangnya masa-masa indah ini akan segera berakhir. Bank Indonesia (BI) telah resmi mengeluarkan kebijakan tentang Down Payment (DP) kendaraan bermotor. Ketentuan ini tertulis pada Surat Edaran BI No.14/10/DPNP, 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor. Peraturan baru tersebut akan berlaku efektif mulai 15 Juni 2012.

Salah satu poin dalam peraturan itu menyebutkan bahwa DP paling rendah adalah 25% (dua puluh lima persen), untuk pembelian kendaraan bermotor roda dua. Jadi jika kita berniat membeli Yamaha Jupiter Z yang dibandrol Rp. 14.000.000,- maka kita harus menyediakan DP minimal Rp. 3.500.000,-

Kredit sepeda motor

Tentu saja ada tujuan baik di balik peraturan baru tersebut, meskipun menjadi pukulan telak untuk industri otomotif. Salah satunya adalah untuk mengurangi resiko kredit yang dampaknya bisa mengganggu kestabilan ekonomi, serta memperlambat laju kredit yang bersifat konsumtif.

Saya pribadi mendukung peraturan ini, karena berpotensi untuk mengurangi populasi kendaraan bermotor di Indonesia, terutama di Jakarta. Peningkatan populasi kendaraan bermotor yang tidak terkendali dan tidak disertai dengan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur selama ini telah membuat Jakarta menjadi kota yang sangat sesak, macet di mana-mana, berkendara tidak lagi nyaman dan aman. Syukur-syukur bisa juga mengurangi polusi yang sudah parah.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk beli sepeda motor baru, segeralah laksanakan niat Anda, sebelum DP benar-benar naik.

3 comments

  1. Wah bagus gan artikel nya, terimakasih info nya. Salam dari mojokerto.

  2. sekarang yang cash susah, gimana nih

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: