Advertisements

Berkendara Sepeda Motor Baik Untuk Kesehatan Otak Dan Membuat Awet Muda

Berkendara Sepda Motor

Dalam penelitian terbarunya, Dr. Ryuta Kawashima menyatakan bahwa fokus, konsentrasi, dan kesenangan yang didapat pada saat mengendarai sepeda motor ternyata sangat baik untuk kesehatan otak.

Subyek percobaan adalah orang sehat berusia antara 40 sampai dengan 50 tahun, yang tidak lagi mengendarai sepeda motor selama 10 tahun atau lebih. Selama beberapa bulan, mereka “dipaksa” untuk mengendarai sepeda motor untuk perjalanan sehari-hari, sementara itu Dr. Kawashima dan timnya mempelajari bagaimana otak mereka dan kesehatan mental berubah.

Dr. Kawashima menemukan kenyataan bahwa ketika mengendarai sepeda motor, bagian tertentu dari otak pengendara menjadi lebih aktif dan menunjukkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Dr. Kawashima menyimpulkan bahwa penggunaan sepeda motor di kehidupan sehari-hari dapat meningkat kemampuan kognitif, terutama yang berhubungan dengan memori dan kapasitas penalaran. Selain itu, di akhir penelitian, peserta mengungkapkan bahwa tingkat stres mereka telah berkurang dan kondisi mental mereka berubah menjadi lebih baik.

Pada penelitian yang dilakukan di tahun 2009, Dr. Kawashima juga mengungkapkan bahwa mengendarai sepeda motor dapat membuat pengendara menjadi awet muda. Penelitian ini didukung oleh Yamaha dan Tohoku University.

Dr. Kawashima yang merupakan perancang perangkat lunak “Brain Training“, yang tersedia pada konsol permainan Nintendo DS dengan nama “Brain Age“.



Advertisements
Tags: , ,

Comments
  1. yoshi
  2. warung DOHC
  3. B.Dwi.S

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: