Templates by BIGtheme NET

Mengapa Ban Berwarna Hitam?

Ban sepeda motorKalau Anda perhatikan di jalan, baik ban mobil maupun ban sepeda motor selalu berwarna hitam. Mungkin sempat terpikir oleh Anda, kalau ban itu berwarna-warni tentu akan jadi menarik. Anda tidak sendirian, hal itu juga terpikirkan oleh beberapa produsen ban, sehingga mereka membuat ban dengan warna-warna yang menyolok. Bahkan beberapa tahun yang lalu, ban sepeda motor dengan warna-warni seperti itu sempat nge-trend. Akan tetapi trend itu tidak berlangsung lama. Mengapa? Karena ban seperti itu tidak aman, mahal, dan cepat habis.

Anda pasti tahu ban (tyre atau tire) itu terbuat dari karet (rubber). Pada umumnya ban terbuat dari campuran karet alam (natural rubber) dan karet sintetis (synthetic rubber). Namun ada pula ban yang terbuat dari karet sintetis murni tanpa campuran karet alam. Tidak ada ban yang terbuat dari karet alam murni.

Ban sepeda motor

Ternyata karet saja tidak memiliki kekerasan yang dibutuhkan oleh sebuah ban. Selain itu gesekan dengan aspal akan membuat karet habis dengan segera. Nah untuk menambal kekurangan bahan karet itu, maka ditambahkanlah bahan pengisi (filler) berupa pasir/serbuk karbon (carbon black).

Fungsi carbon black adalah :

  • Menambah kekerasan ban.
  • Menambah daya tahan terhadap abrasi (abrasian resistance) karena gesekan dengan aspal.
  • Selain itu, penambahan carbon black juga membuat ban menjadi lebih ekonomis, karena harga karbon jauh lebih murah daripada karet.

Nah, karbon ini warnanya sangat hitam. Hanya dengan beberapa gram karbon, mampu menghitamkan puluhan kilogram karet. Itulah sebabnya mengapa ban berwarna hitam.

Bagaimana dengan ban warna-warni tadi? Ban-ban tersebut menggunakan pasir silica untuk menambah daya tahan abrasinya. Akan tetapi daya tahan abrasi dari silica ini tidak sebagus karbon, selain itu silica sangat mahal jika dibanding dengan karbon. Menggunakan silica sebagai bahan pengisi sangat tidak ekonomis.

3 comments

  1. wah mantab, baru tau aku..btw,makasih kemaren kunjungannya, salam kenal…

  2. makasih kunjungannya, salam kenal…

  3. kalau warnanya putih nggilani

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: