Bahan-bahan Aditif Dalam Oli Mesin

Oli sepeda motorKebanyakan oli mesin yang dijual di pasaran sudah ditambah dengan bahan-bahan aditif supaya oli mesin dapat memenuhi fungsi-fungsinya dan dapat bertahan lama. Bahan-bahan aditif ini mempunyai peran yang cukup penting dalam yang menentukan bagus tidaknya mutu oli mesin selain dari jenis basestock yang dipakai.

Apa saja bahan-bahan tersebut? . . . . Teruslah membaca!

Pertama adalah apa yang disebut antioxidant, yaitu bahan yang digunakan untuk mencegah terjadinya oksidasi (reaksi dengan oksigen). Mesin yang panas akan mempercepat terjadinya oksidasi pada bagian-bagian logam sehingga terjadi karat pada bagian-bagian tersebut. Mencegah oksidasi secara tidak langsung berarti mencegah karat. Untuk memaksimalkan pencegahan karat ditambahkan pula pencegah karat khusus, yang dalam bahasa orang bule disebut corrossion inhibitors.

Kedua adalah metal deactivators, yaitu bahan yang berfungsi menangkap serbuk-serbuk logam yang terlarut dalam oli agar tidak menjadi katalisator (pemercepat) oksidasi oli, sehingga oli bisa bertahan lebih lama.

Yang ketiga disebut antifoams, fungsinya mencegah oli berbusa selama pemakain mesin, sehingga semua bagian oli tetap efektif.

Oli sepeda motor

Masih ada lagi? Masih, namanya dispersing agent. Yaitu bahan yang berfungsi mendispersikan (mencampur) bahan-bahan aditif yang lain atau bahan-bahan yang mungkin akan tersuspensi di dalam oli sehingga tidak akan terjadi pengelompokan atau pengendapan dalam oli.

Bahan-bahan aditif tersebut di atas, bisa bermacam-macam tipe dan kualitasnya, ditambahkan ke dalam oli dengan formula yang berbeda-beda pada tiap pabrikan atau merk, yang akhirnya membedakan mutu masing-masing.

Selama pemakaian mesin, akan semakin habis atau rusak, sehingga kemampuannya mencegah karat, mencegah oli berbusa, dan lain-lain, akan semakin berkurang. Selain itu pengaruh panas dari mesin akan membuat oli kehilangan kekentalannya, alias oli menjadi encer. Pada saat itulah oli mesin harus diganti.

Tags: , , , ,

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: