Templates by BIGtheme NET

Tips Mengakses Internet Dengan Aman

internet-amanSaat ini, komputer dan internet sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian masyarakat kita. Rasanya tidak bisa melewatkan satu hari tanpa akses internet. Mulai dari aktifitas ringan, macam update status di Facebook, buka email, milis, forum, nge-blog, sampai dengan aktifitas berat macam online shopping dan internet banking.

Sayangnya, disela-sela kegiatan tersebut ada orang-orang jahat yang selalu mengintai kita. Mereka mengirimi kita virus dan spyware. Mereka merayu kita lewat email dan website palsu, berharap kita lengah. Saat itulah mereka mencuri data-data pribadi kita. Hmm . . . apa gunanya buat mereka? Banyak. Dengan menguasai data-data kita, mereka akan lebih mudah menipu kita. Mereka juga bisa menjual data-data kita ke orang lain. Apalagi jika mereka mendapatkan informasi akun-akun kita di internet, mereka akan belanja menggunakan credit card atau paypal kita, mereka juga bisa mengambil alih website kita. Wow, habislah kita.

Nah, dalam rangka kegiatan Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat, saya akan membagikan sedikit tips agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari penggunakan internet yang tidak aman.

  1. Jangan mempublikasikan informasi detail tentang diri kita, misalnya alamat, nomor telepon, tanggal lahir, dan sebagainya, di blog Anda atau di situs-situs social network.
  2. Jangan membuka attachment email dari orang-orang yang tidak kita kenal.
  3. Jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran yang “too good to be true” yang Anda terima melalui email, maupun yang Anda jumpai di situs-situs yang Anda buka.
  4. Gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun Anda. Usahakan password Anda cukup panjang dan menggunakan kombinasi huruf dan angka. Ubahlah password setiap periode tertentu.
  5. Jangan berbelanja di situs-situs yang tidak Anda kenal sebelumnya. Jika terpaksa berbelanja di situs tersebut, carilah terlebih dahulu review tentang situs tersebut dengan search engine.
  6. Jangan melakukan online shopping atau internet banking di komputer yang banyak dipakai orang, macam di warnet.
  7. Pasang antivirus dan anti-spyware di komputer Anda, dan setting supaya update secara otomatis.
  8. Jangan lupa logout sebelum meninggalkan komputer Anda.

Mungkin itu saja tips dari saya. Jika ada yang kurang dan Anda ingin menambahkannya, tulis komentar Anda di bawah. Semoga bermanfaat.

One comment

  1. moga sukses kontesnya masbro

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: