Tersesat di Indocomtech 2009

Indocomptech 2009 Jakarta Convention CenterBerangkat dari Kampung Rambutan jam 08:30 naik bus Trans Jakarta, harus 2 kali transit, yaitu di halte Matraman dan halte Dukuh Atas. Turun di halte Polda (Senayan) jam 10:30. So, butuh waktu hampir 2 jam untuk mencapai JCC (Jakarta Convention Center) tempat Indocomtech digelar tanggal 4 s/d 8 November 2009.

Setelah bayar tiket Rp. 10.000,- masuk Prefunction Hall A disambut booth HP yang menawarkan berbagai macam produk, termasuk laptop, dektop, printer, sampai dengan plotter. Hampir tiga perempat ruangan ini didominasi oleh HP.

Dari sini saya langsung belok kanan menuju Main Lobby Hall. Di ruangan ini ada booth Zyrex, Datascript, Fuji Xerox, Bhinneka, sampai dengan Intel Indonesia. Sempat berhenti sebentar di booth Fuji Xerox karena tertarik dengan produk printer laser yang sekaligus bisa berfungsi sebagai scanner dan mesin fotocopy. Untuk printer yang ukuran A4 ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 2 jutaan, sedangkan yang ukuran A3 sampai dengan 28 jutaan. Hmm . . .

Dari ruang ini kita bisa juga langsung menuju ke Indonesia Book Fair 2009 yang kebetulan digelar pada hari yang sama.

Perjalanan saya lanjutkan ke Hall A dan Hall B, di mana di ruang ini kita bisa temukan laptop dari berbagai model dan merk. Mulai dari Toshiba, Vaio, Byon, Axioo, Dell, Apple, Lenovo, Acer, dan HP (lagi). Di ruangan ini saya hanya berputar-putar saja, hampir tidak berhenti di satu booth-pun. Semua tawaran brosur saya terima dengan senang hati.

Kembali ke Prefunction Hall, pengin keluar tapi kok masih penasaran dengan sebuah booth yang dari tadi sengaja saya cari tapi belum ketemu. Yaitu booth-nya PANDI (Pengelola Domain Indonesia). Setelah lihat-lihat floorplan ternyata Pandi ada di ruang Plenary Hall yang tadi belum sempat saya temukan.

Tujuan saya ke Pandi adalah pengin me-register sebuah domain (.web.id) yang rencananya ingin saya jadikan sebuah forum alumni. Setelah nego yang cukup alot dengan penjaga stand, akhirnya saya harus kecewa (lagi), karena tidak diperbolehkan me-register domain yang saya inginkan. Saya disarankan untuk meregister domain dengan nama yang lain saja, maka jawab saya : “saya pakai TLD (top level domain) yang lain sajalah.”

Saya keluar setelah kurang lebih satu setengah jam berputar-putar di Indocomtech 2009. Entah mengapa bagi saya Indocomtech tahun ini kok kurang menarik. Kurang greget gitu. Mungkin karena kunjungan saya ke event ini bertepatan dengan adanya event Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2009 di Istora Senayan? (Lha apa hubungannya . . . )

Yang jelas, apa yang saya lihat di Indocomtech ini sebenarnya bisa saya lihat setiap hari di Mangga Dua. Tidak ada bedanya kok. Jadi Anda yang tidak sempat ke Indocomtech tidak usah menyesal, Anda bisa setiap saat ke Mangga Dua dan menemukan produk-produk yang sama.

Tags: ,

Comments
  1. Effendi Rusdiana

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: