Templates by BIGtheme NET

Tentang Kontes-Kontes SEO Itu . . .

Luar biasa, tahun 2009 ini dipenuhi oleh kontes-kontes SEO yang saling berhimpitan waktunya. Satu kontes belum selesai sudah disusul oleh kontes yang lain. Kontes-kontes itu seakan berlomba-lomba menjadi kontes yang paling heboh.

Inilah kontes-kontes yang tercatat oleh saya (kalau ada yang kelewatan tolong dikasih tahu) :

Stop Dreaming Start Action

Inilah kontes SEO terbaru dengan hadiah terbesar. Total hadiah yang disediakan mencapai 25 juta rupiah. Luar biasa, seorang Joko Susilo berani menyediakan hadiah sebesar itu, sendirian, tanpa sponsor.

Dengan hadiah sebesar itu, wajarlah jika kontes yang diadakan oleh pemilik FormulaBisnis.com ini membludak pesertanya. Apalagi peserta tidak dibatasi, artinya yang senior maupun yang pemula boleh ikut semua.

BTW, emang gimana cara membedakan yang senior sama yang pemula ?

Kontes SEO dengan keyword ?Stop Dreaming Start Action? (tanpa tanda petik) ini akan berakhir pada tanggal 15 September 2009. Mumpung masih jauh, yang berminat segeralah berbenah-benah.

Belajar SEO Para Pemula

Kontes SEO dengan keyword Belajar SEO Para Pemula ini adalah satu-satunya kontes yang saya ikuti, paling tidak sampai saat tulisan ini dibuat. Sesuai dengan keyword-nya, kontes ini memang ditujukan hanya untuk pemula.

BTW (lagi), emang gimana caranya mencegah yang senior ikutan kontes ini ?

Hadiah yang disediakan tidaklah terlalu besar, Mungkin karena kontes ini ditujukan untuk para pemula. Kontes yang diadakan oleh AyoMaju.com ini dimulai tanggal 17 Mei yang lalu, dan akan berakhir tanggal 17 Agustus 2009.

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Kontes yang diadakan oleh Pogung177.com ini dimulai 1 Februari 2009 dan telah berakhir pada 1 Juni 2009 lalu. Total hadiah mencapai 7 juta rupiah untuk pemenang 1 sampai dengan pemenang ke 10.

Akhirnya, kontes ini dimenangkan oleh :

  1. kampanyedamaipemilu2009.info
  2. belajarseo.com
  3. kampanyepemiludamaiindonesia.com
  4. kopitozie.blogcantik.com
  5. kampanyedamai.pemiluindonesia.web.id
  6. linkinpark.blog.ugm.ac.id
  7. kampanyedamaipemiluindonesia2009.gareng.net
  8. kampanyedamaipemilu2009.web.id
  9. kampanye-damai-pemilu-indonesia-2009.artharry.com
  10. kampanyedamaipemiluindonesia-2009.com

Bersama tulisan ini, saya ucapkan selamat kepada para pemenang.

(Bagi-bagi rahasia dong !)

Aristia Wida Rukmi

Siapakah Aristia Wida Rukmi ? Ternyata dia bukan artis, bukan juga pejabat negara. Dia adalah mantan kekasih dari blogger gueadi.blogspot.com.

Kontes ini dimulai awal Mei kemarin, dan akan berakhir tanggal 17 Agustus 2009. Meskipun hadiahnya tidak seberapa besar, tapi peminatnya ramai juga.

Wisata SEO Sadau

Kontes ini diadakan oleh Komunitas Blogger Tarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata kota Tarakan yang terletak di ujung utara pulau Kalimantan. Tarakan adalah kota kepulauan di provinsi Kalimantan Timur yang terkenal dengan banyak wisata lautnya yang menarik.

Kontes dengan keyword ?Wisata SEO Sadau? ini menyediakan total hadiah sebesar Rp. 1.000.000,- dan akan berakhir tanggal 17 Agustus  2009.

Rusli Zainal Sang Visioner

Blogger Bertuah sebagai komunitas blogger yang berada di Pekanbaru (Riau) mencoba memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Rusli Zainal dalam pembangunan Provinsi Riau dengan cara mengadakan kontes SEO dengan keyword ?Rusli Zainal Sang Visioner? (tanpa tanda kutip).

Kontes ini diadakan selama 3 bulan, mulai dari tanggal 12 Juni s/d 12 September 2009. Total hadiah lebih dari 12 juta rupiah untuk juara 1 s/d 10.

Tukang Nggame

Keyword yang dilombakan ini agak aneh. Setelah saya mengunjungi situs penyelenggara kontes, yaitu yudhis97.net baru saya tahu maksudnya. Kenapa gak ?tukang nge-game? aja ? Ah . .biarlah, terserah penyelenggaranya saja, kan dia yang ngasih hadiah.

Kontes ini dimulai tanggal 21 Februari 2009 dan sudah berakhir beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 1 Juli 2009.

Oh ya, siapa pemenangnya ya ? Saya belum sempat cek.

GZON.US Mencari Pemilik

Kontes yang satu ini konsepnya sangat unik, lain dari pada yang lain. Peserta diminta untuk membuat link ke GZON.US, yaitu domain yang jadi hadiah satu-satunya di kontes ini.

Seperti kita ketahui, nilai sebuah domain sangatlah sulit diukur dengan rupiah. Apalagi jika domain tersebut sudah memiliki rangking yang bagus di alexa.com. Jadi seberapa besar nilai hadiah kontes ini, ditentukan oleh usaha para pesertanya.

Konsep yang bagus, patut diacungi dua jempol.

Sayangnya peserta kontes ini tidaklah sebanyak kontes-kontes SEO yang lain, mungkin karena hadiahnya cuma satu, dan satu-satunya, sehingga kesempatan untuk mendapatkan hadiah sangat kecil.

Informasi selengkapnya tentang kontes ini bisa dibaca di myherro.com.

 

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Wooow, ternyata rekor kontes SEO dengan hadian terbesar, yang semula dipegang oleh Joko Susilo telah terpatahkan, dan yang mempunyai keberanian untuk mematahkan rekor tersebut adalah BeritaJitu.com

BeritaJitu.com mengadakan kontes SEO dengan target kata kunci “Mengembalikan Jati Diri Bangsa” (tanpa tanda petik). Rentang waktu kontes ini cukup lama, yaitu 11 Juli 2009 sampai dengan 11 Desember 2009. Hadiah total-nya nggak main-main, 27.5 juta rupiah.

Ayo siapa yang belum ikut, buruan, jangan sampai ketinggalan kereta.

 

Oh ya, untuk semua kontes SEO di atas, jurinya adalah Google.co.id dan pemenangnya adalah situs atau blog yang menempati posisi pertama SERP (Search Engine Result Page) dengan keyword yang telah ditentukan.

Lalu kita, sebagai blogger, mendapat keuntungan apa dari kontes-kontes SEO itu ?

Kalau menurut saya, banyak keuntungan yang kita peroleh, antara lain :

  1. Kita punya bahan untuk ditulis. He he . . sulit lho nyari ide tulisan.
  2. Kita jadi belajar (lagi) teori SEO, dan prakteknya kita mengoptimalkan blog kita.
  3. Kita jadi punya banyak teman. Para peserta kontes biasanya saling mengunjungi blog peserta yang lain, sekedar melihat apa yang ditulis oleh mereka. Selain itu juga untuk memberi komentar, meskipun cuma untuk mengucapkan ?salam kenal?, paling tidak dapat backlink, sambil menyelidiki apa yang dilakukan oleh kompetitor kita. Betul tidak ?

Itu menurut saya lho, bagaimana menurut Anda ?

Ada kontes baru lagi ?

UPDATE : Kontes SEO sekarang cenderung diselenggarakan oleh situs-situs judi online. Jadi gak menarik lagi.

6 comments

  1. Tambahan satu mas, kontes SEO “Mengembalikan Jati Diri Bangsa” infonya bisa dilihat di http://www.beritajitu.com

  2. Terima kasih atas infonya.
    Insya Allah ntar posting ini saya update.
    Ikutan juga ?

  3. dengan adanya kontes SEO seperti ini,
    jadi tambah semangat ngeblognya mas, terutama untuk lbh mendalami ttg SEO..

    he.he.he.. kadang2 bikin mumet juga mas.. 😀

  4. wiiih banyak kali ya kontes tahun ini, pengen juga blajar seo, tp sama siapa ya ?

  5. bisnis pulsa gsp

    Ada satu lagi
    info kontes seo lokal "bisnis pulsa gsp" cek di http://grahasemesta.com

  6. nih ada juga nih bagi yang mau ikutan kontes SEO? hadiah 6 jutaan. kontes berakhir bulan july 2010

    bagi yang ingin ikut silahkan lihat link di bawah ini..

    http://www.arenabetting.com/kontesseoindonesia/seo-contest/

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: