Koneksi Internet Dengan Haier C2000 dan Kartu Fren

mobile8 fren haier c2000Habis baca tabloid SINYAL awal Oktober lalu, saya jadi nafsu sama paket Hepi dari Mobile-8. Paket ini terdiri dari ponsel Haier C2000 dan kartu perdana Hepi. Pasalnya di tabloid tersebut disebutkan bahwa paket seharga Rp. 168 ribu tersebut bisa dijadikan modem untuk koneksi internet.

Di daerah tempat tinggal saya, tidak ada jaringan Hepi. Jadi di sini ponsel Haier C2000 dipaket dengan Fren. Dengan harga Rp. 198 ribu, saya mendapatkan satu buah ponsel Haier C2000 ditambah dengan 3 buah kartu perdana Fren, dengan total pulsa Rp. 125 ribu.

Begitu sampai di rumah, tentu saja langsung saya coba koneksi internetnya.

Kabel Data dan Driver

Ponsel Haier C2000 dapat dikoneksikan ke PC menggunakan kabel USB (kabel 5 pin, biasanya dijual seharga 25 ribu di toko ponsel atau toko komputer). Driver untuk ponsel tersebut dapat di-download di sini. Setelah di-download, ekstrak file tersebut pada sebuah folder baru.

Proses Instalasi

Proses instalasi ternyata sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan :

  1. Tancapkan ponsel ke pc menggunakan kabel usb, pastikan ponsel dalam keadaan menyala. Jika menggunakan Windows XP akan otomatis muncul window “Found New Hardware Wizard”. Pilih “No, not this time”. Klik Next
  2. Berikutnya pilih “Install from a list or specific location (Advanced)”. Lalu klik Next
  3. Pilih “Include this location in search”. Lalu klik Browse, dan cari folder di mana driver disimpan. Klik Next
  4. Ponsel akan dikenal oleh PC sebagai Qualcomm Proprietary USB Modem (PID 3197). Klik Finish.

Sampai di sini proses instalasi selesai.

Setting koneksi internet

  1. Buka Control Panel
  2. Buka Network and Internet Connections
  3. Buka Create a connection to the network at your workplace
  4. Muncul New Connection Wizard. Pilih Dial-up connection dan klik Next
  5. Isikan Company Name, misalnya Mobile-8, klik Next
  6. Selanjutnya isikan Phone Number, yaitu #777, klik Next
  7. Beri tanda centang pada Add a shortcut to this connection to my desktop. Dan klik Finish.

Setelah proses tersebut di atas kita akan memiliki sebuah shortcut Mobile-8 di desktop kita. Nah sekarang waktunya kita coba dial-up. Double klik shortcut tersebut.

  1. Akan muncul window Connect Mobile-8. Isikan User name : m8, dan Password : m8. Beri tanda centang pada “Save this user name and password to the following user”. Klik Dial
  2. Jika berhasil akan muncul keterangan di pojok kanan bawah monitor “Mobile-8 is now connected”. Perhatikan connection speed-nya.
  3. Selamat menikmati internet dari Mobile-8.

Kecepatan dan Tarif

Saya memang tidak mengharapkan koneksi yang cepat dari Mobile-8 ini, tapi jika dibandingkan dengan koneksi GPRS dari IM3 yang pernah saya coba, koneksi Mobile-8 ini sangat-sangat lambat. Butuh kesabaran ekstra untuk menggunakannya.

haier-c2000-fren

Meskipun di connection speed tertera 115.2 Kbps, ketika saya coba download sebuah file dari internet, saya hanya dapat transfer rate sebesar 1.27 KB/sec.

Menurut tabloid yang saya baca, tarif akses internet Fren adalah Rp. 5/Kb. Ini juga masih mahal, dibandingkan dengan IM3 yang hanya Rp. 1/Kb.

Tags: , , , ,

Comments
  1. Admin
  2. Vixs
  3. utuhhariansyah@yahoo.co.id
  4. rahasia fisika
  5. Chaca

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: