Templates by BIGtheme NET

Bagaimana Membuat Iklan Baris Yang Efektif (Bag. 3)

iklan-baris-online

Mengapa penjualan saya tidak meningkat ? Mengapa iklan saya tidak mendapat respon ? Padahal saya yakin iklan saya bagus dan sudah memenuhi formula AIDA (Attention – Interest – Desire – Action).

Pernahkah kasus seperti itu pernah menimpa Anda ? Mungkin Anda sudah menguasai secara teknis pembuatan iklan yang bagus, pertanyaan berikutnya adalah : Di mana Anda memasang iklan ? Dan seberapa sering Anda memasang iklan ?

Kasus pertama . . .

Anda pasti tahu, pada sebuah surat kabar, space iklan yang sama luasnya mempunyai harga yang berbeda karena lokasi yang berbeda. Space iklan di halaman depan atau halaman luar pasti lebih mahal dari pada space yang sama tapi lokasinya di halaman tengah. Mengapa ?

Karena iklan di halaman depan kemungkinan untuk terlihat dan dibaca oleh pembacanya jauh lebih tinggi dari pada iklan di halaman tengah. Oleh karena itulah wajar jika harganya juga lebih tinggi.

Ingat, semakin banyak yang membaca iklan Anda, berarti semakin tinggi potensi untuk terjadi penjualan. Dan bisnis Anda akan berumur panjang.

Kasus kedua . . .

Saya berlangganan sebuah tabloid yang terbit 2 mingguan. Terus terang saya suka memperhatikan halaman iklan baris-nya. Ada sebuah iklan yang semula tidak menarik perhatian saya. Akan tetapi iklan tersebut selalu ada di setiap terbitan tabloid tersebut, sehingga memaksa saya untuk memperhatikannya. Saat ini bahkan saya hafal dengan nama contact person-nya karena seringnya saya membaca iklan tersebut.

Kasus-kasus di atas menunjukkan bahwa lokasi dan frekuensi pemasangan iklan bisa menjadi sangat berpengaruh pada keberhasilan iklan Anda.

Jika Anda beriklan di media iklan baris online, Anda akan menghadapi masalah yang sama. Berikut ini ada beberapa point yang perlu Anda perhatikan agar Anda mendapatkan lokasi dan frekuensi yang maksimal untuk iklan Anda.

  • Beriklanlah pada iklan baris online yang paling banyak pengunjungnya. Semakin banyak pengunjung, kemungkinan iklan anda terbaca semakin besar. Dengan demikian diharapkan semakin banyak respon yang akan anda terima dari pembaca iklan anda.

    Bagaimana kita tahu sebuah website iklan baris itu ramai pengunjungnya atau tidak ? Lihatlah dari jumlah iklan per hari-nya. Semakin banyak jumlah iklan per hari-nya, berarti semakin banyak pengunjungnya.

    Berikut ini beberapa media iklan baris online yang paling banyak pengunjungnya :

    http://www.iklanbaris.co.id
    http://www.iklanpromo.com
    http://www.webiklan.com
    http://www.iklanumum.com
    http://www.bekas.com
    http://iklanbaris.plasa.com

  • Jika memungkinkan pilihlah posisi di mana iklan Anda akan ditampilkan di media iklan baris tersebut. Jika iklan Anda hanya terselip di antara ribuan iklan yang lain, tentu kemungkinan akan terbaca menjadi kecil. Pilihlah posisi yang strategis sehingga kemungkinan iklan Anda terbaca oleh pengunjung semakin besar.

    Pada umumnya, media iklan baris menawarkan 2 macam keanggotaan, yaitu keanggotaan gratis, dan keanggotaan bayar (premium). Jika Anda serius dengan bisnis Anda, maka upgrade-lah keanggotaan Anda menjadi premium member. Karena dengan demikian Anda akan mendapat posisi yang lebih baik untuk iklan Anda.

  • Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk beriklan setiap hari ? Ok, anggaplah Anda punya waktu 1 jam setiap hari. Dari pada Anda menghabiskan 1 jam tersebut di pagi hari, lebih baik anda menyebar waktu tersebut menjadi 15 menit di pagi hari, 15 menit di siang hari, 15 menit di sore hari, dan 15 menit lagi di malam hari. Waktu totalnya sama-sama 1 jam, tapi pengaturan waktu yang kedua pasti lebih efektif.

    Mengapa demikian ? Karena kalau Anda membuat banyak iklan di pagi hari saja, maka posisi iklan anda akan segera tenggelam oleh iklan-iklan baru yang dipasang oleh pemasang iklan yang lain. Dengan pengaturan waktu memasang iklan seperti yang saya sarankan di atas, iklan anda akan selalu di atas, sehingga potensi untuk terbaca semakin tinggi.

Kesimpulannya, lokasi dan frekuensi pemasangan iklan sangat berpengaruh pada keberhasilan iklan Anda. Anda harus memperhatikan hal ini, selain . . . tentu saja iklan yang powerful yang mampu menciptakan penjualan.

9 comments

  1. thanks ya atas informasinya. Selama ini saya beriklan tidak intensif dan dengan pembagian waktu seperti itu. Mudah-mudahan tipsnya bisa efektif untuk bisnis saya. Sekali lagi thank you very much.

  2. Saya barusan ‘nyebur’ke bisnis on line..N sekarang sedang berusaha promosiin situs saya biar ada traffic-nya(Maklum sejak dibuat sekitar 2 minggu yang lalu gakada satupun yang ngintip).Saya buka google n caritau cara bikin iklan baris yg efektif..keluarlah situs anda.Komentar saya…LUAR BIASA..tHX YA..saya jadi dapat inspirasi buat bikin iklan….

    Oya, main2 ya ke blog saya http://BisnisOnlineTerbaikIndonesia.blogspot.com

    thx

  3. @Heri :
    Terima kasih atas komentarnya.
    Saya sudah mengunjungi blog Anda.

  4. thanks infonya bro sangat membantu. jangan lupa pake teknik seo juga buat blognya

  5. Mas keharusan pasang iklan baris 6 kali minimal per hari beda waktu, jumlah jamnya sama satu jam/hari.
    ada pertanyaan :
    1. Apakah 6x per hari itu dilakukan pada web pemasang iklan yang sama. Bila ya apakah tidak disebut spam ? atau harus di web pemasang iklan berbeda.?
    2. Bila kita pakai pasang iklan baris berbayar, apakah tiap harinya bisa pasang lebih dari satu kali dengan produk yang sama atau produk berbeda ?

    • @Rustama : Setiap situs iklan baris online punya aturan sendiri-sendiri. Coba pelajari aturan mereka. Tapi pada umumnya memperbolehkan iklan yang sama beberapa kali sehari.

  6. Terimakasih mas atas penjelasannya

  7. Tambahan situs web iklan baris: Iklan gratis tanpa daftar, Iklan gratis, Iklan baris

  8. Wah,artikelnya sangat bagus sekali!

    Setelah membaca artikel ini,saya jadi tahu beberapa media iklan baris online yang paling banyak pengunjungnya.

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: