Templates by BIGtheme NET

Memilih Layanan Web Hosting

Web hosting adalah ibarat sebuah ruang toko, di mana anda menyimpan semua materi website anda, sehingga website anda dapat diakses dari internet. Ruang toko digital tersebut adalah sebuah space pada server yang terhubung dengan internet dengan koneksi berkecepatan tinggi (minimal 2 Mbps).

Anda bisa saja membuat web hosting sendiri di rumah, tetapi tentu saja investasi yang dibutuhkan sangat banyak. Selain hardware dan software, anda juga harus menyiapkan tenaga yang handal untuk men-setup dan me-maintain server tersebut. Oleh karena itulah banyak berdiri perusahaan yang menyewakan space untuk web hosting di server mereka.

Saat ini mungkin ada ratusan perusahaan web hosting di Indonesia, akan tetapi hanya sebagian kecil saja yang mempunyai pelayanan yang baik. Mereka semua menjanjikan support 24 jam 7 hari dalam seminggu. Akan tetapi jarang terbukti dalam kenyataannya.

Saya sendiri pernah sangat kecewa dengan pelayanan sebuah perusahaan. Setiap saya punya masalah, email dan sms saya tidak pernah dibalas. Bahkan panggilan telepon saya tidak pernah diangkat sama sekali. Oleh karena itu hati-hatilah dalam memilih perusahaan web hosting.

Sebelum Anda menentukan pilihan Anda, sebaiknya Anda periksa dulu beberapa hal berikut :

  1. Perusahaan web hosting tersebut harus berbadan hukum dan memiliki alamat kantor yang jelas. Periksa pula siapa contact person-nya, nomor telepon kantor, dan e-mail yang bisa dihubungi. Suatu saat anda pasti akan memerlukannya.
  2. Perhatikan sejak kapan perusahaan tersebut beroperasi. Semakin lama beroperasi, semakin baik, karena ini berarti pengalaman mereka semakin banyak dan menunjukkan bahwa mereka bisa survive terhadap persaingan yang ada.
  3. Lihat daftar pelanggan (customer list) mereka. Jika pelanggannya banyak, atau pelanggannya adalah perusahaan-perusahaan besar yang Anda kenal, kemungkinan besar perusahaan tersebut bagus pelayanannya.
  4. Jika Anda kenal dengan orang atau perusahaan yang sudah pernah menggunakan jasa perusahaan web hosting tersebut, tanyakan komentar mereka terhadap perusahaan tersebut.
  5. Harga sewa web hosting tentu menjadi pertimbangan Anda, tetapi anda juga harus perhatikan fasilitas yang mereka berikan. Jika anda membuat website yang dinamis dengan script php dan database mySql, pastikan web hosting tersebut memberikan fasilitas tersebut. Jangan sampai terjadi anda sudah bayar tapi website tidak bisa diakses.

Pada umumnya, sebuah perusahaan web hosting juga melayani pembelian nama domain. Jadi Anda bisa melakukan pembelian nama domain maupun sewa space web hosting di bawah satu atap.

Saat ini Anda dapat membeli nama domain dengan kisaran harga 60 ribu sampai dengan 110 ribu rupiah per tahun.

Sedangkan harga sewa web hosting bervariasi tergantung besarnya disk space, bandwidth, dan  fasilitas yang diberikan.

5 comments

  1. Ada rekomendasi layanan web hosting yg bagus Mas?

  2. layanan hosting yang bagus apa ya?

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: